Pages

21 Ayat dari Surat 17

Beberapa waktu lalu saya beroleh ‘tugas menghafal’ 21 ayat dari Al-Isrâ’. Konon, salah satu cara untuk mencepatkan penghafalan yang bisa dipakai antara lain adalah dengan ‘membiasakan’ pendengaran terhadap hafalan, yaitu dengan sesering mungkin mendengarkannya.
Dalam rangka mencoba metode itu, saya lalu mencari unduhan audio (MP3) bacaan Al-Quran per ayat. (Saya sebenarnya sudah punya berkas [file] MP3 satu Al-Quran penuh, satu surat per berkas, tapi rasanya kurang efisien dan kurang efektif kalau mesti mendengarkan satu surat sedangkan yang ingin disimak hanya beberapa ayat darinya.)
Dari hasil pencarian, mendaratlah saya di EveryAyah.com. Tepat seperti yang saya butuhkan, di situs ini tersedia sangat-sangat banyak (berkas) ayat Al-Quran yang bisa diunduh (audio atau citra [image]). Bacaan pun, baik murattal atau mujawwad, tersedia dari banyak qâri’ masyhur. Asyiknya, untuk memperoleh berkas suatu ayat, pengunjung tidak perlu repot-repot menelusurinya di antara ribuan berkas yang ada. Situs ini menyediakan satu form untuk memilih berkas ayat, seperti di bawah ini, dengan memilih tautan getfile.php (atau menu Download di VerseByVerseQuran.com).

Form pemilihan ayat. Pilih qâri’, surat dan ayat, lalu mainkan atau unduh.
Balik ke ‘tugas’, entah disengaja atau tidak, ke-21 ayat yang ditugaskan ‘kebetulan’ menempati tepat dua laman mushaf. Nah, ternyata, di EveryAyah.com (atau VerseByVerseQuran.com) juga tersedia berkas Al-Quran per laman mushaf. Jadi, alih-alih mengunduh 21 berkas ayat, saya hanya perlu mengunduh 2 berkas laman.

Pilih berkas bacaan Al-Quran per ayat atau per laman mushaf. Klik [+] untuk menampilkan tautan-tautan ke direktori ayat atau laman yang diinginkan.
Selain menyajikan ‘potongan jadi’ ayat atau laman, EveryAyah.com juga menyediakan beberapa perkakas (tool) dan berkas pendukung.

No comments:

Post a Comment