Pages

10 Tahun Blogger, Dapat Hadiah Apa?

Blogger logo
Pertama kali saya (kenal blog dan) ngeblog ya di blog Friendster pada Mei 2005, sementara di Blogger baru pada Mei 2008. (Hmmm, entah mengapa beberapa hal seputar blog terjadi di Mei.)
Ahad (23/08/2009) ini Blogger berulang tahun. Blogger diluncurkan oleh Pyra Labs pada 23 Agustus 1999, menjadi bagian dari Google setelah diakuisisi pada 2003, dan kini merupakan platform blogging terbesar di dunia. (Haha, kalau saya sih, di Agustus 1999, jangankan ngeblog, Internet saja belum tahu. Jangankan Internet, komputer saja baru kenal. D'oh!)
Di ulang tahunnya yang ke-10 ini Blogger menjanjikan banyak hadiah dalam bentuk fitur-fitur baru. Sayang pihak Blogger tidak menyebutkan apa pastinya. Mereka hanya menunjuk ke daftar ini sebagai acuan. Jika menilik ke daftar tersebut, beberapa usulan tampak terinspirasi oleh WordPress, semisal threaded commenting dan laman statik alias page (keduanya termasuk di antara yang saya sukai dari WordPress).
Wah, sepertinya bakal menarik nih. Jadi, kita tunggu saja fitur-fitur baru yang akan hadir di Blogger.
Update (23/08/2009 4:33 PM): Dalam Blogger Buzz disebutkan bahwa di antara fitur-fitur baru yang dihadirkan dalam rangka ulang tahun ke-10 Blogger adalah Blogger kini mendukung protokol PubSubHubbub dan penambahan fitur Send To pada Google Reader untuk lebih mudah berbagi item feed ke, salah satunya, Blogger.
Update (27/08/2009 10:27 AM): Dua lagi fitur baru dari ulang tahun ke-10 Blogger. Pertama adalah modifikasi pada gadget Labels yang kini bisa ditampilkan dalam bentuk label cloud. (Silakan simak tutorial singkat dari Kang Rohman atau dari Blogger Buster.) Kedua adalah pendekatan baru bagaimana Blogger menangani konten yang melanggar DMCA.
Update (29/08/2009 5:43 PM): Berikutnya adalah fitur berbagi lewat Navbar.
Blogger Navbar
Klik tombol "Share" di Navbar memunculkan jendela "Share this." Layanan yang didukung saat ini adalah Twitter, Facebook, dan Google Reader.
Blogger share
Klik "Share" dari laman utama blog memunculkan jendela "Share this blog," sementara dari laman posting tunggal memunculkan jendela "Share this post" dengan tambahan opsi pengiriman lewat e-mail.
Update (03/09/2009 11:11 AM): Para pengguna iPhone kini bisa melakukan mobile blogging dengan BlogPress Lite, versi gratis BlogPress, yang dibangung tim BlogPress sebagai edisi khusus dalam rangka perayaan 10 tahun Blogger. Sementara para dermawan bisa menggalang dana amal dengan memasang gadget SocialVibe di blog mereka.
BlogPress LiteSocialVibe gadget
Update (10/09/2009 5:17 PM): Akhirnya! Blogger sekarang punya fitur Jump Break untuk memecah isi postingan, di mana di laman utama hanya tampil petikan awal postingan plus link "Read more »" (teks link ini bisa diubah sesuai keinginan) yang akan mengantarkan pembaca ke isi postingan sisanya.
Blogger jump breaks
Mudah dan instan, tanpa perlu lagi melakukan hack pada template blog. Para pengguna template standar Blogger bisa langsung mengaplikasikannya. Sementara para pengguna template klasik atau template non-standar (dari pihak ketiga) mesti memodifikasi (menambahkan beberapa baris kode pada) template-nya. Silakan simak paparan dari Kang Rohman atau artikel ini tentang bagaimana langkah-langkahnya.
Update (14/09/2009 11:17 AM): Punya acara dan ingin mengundang para pembaca blog Anda untuk menghadirinya? Silakan promosikan acara atau event Anda dengan gadget Event. Para member blog bisa mendapatkan info detail acara, melihat peta, menyatakan akan menghadirinya atau tidak, dan mengetahui respons dari member lain. Mereka juga bisa menambahkan event tersebut ke Google Calendar mereka dengan hanya satu klik.
Update (17/09/2009 5:47 AM): Ingin konten feed blog Anda tampil menarik? Tampilkan dalam bentuk widget. Cukup dengan memasukkan URL blog, Anda bisa membuat widget blog Anda dengan Widgetbox.
Blogger Widgetbox
Tampilannya bisa dikustomisasi sesuai keinginan, meski beberapa fitur hanya tersedia pada versi Pro.
NiNH widget
Lalu, ingin blog Anda dicetak menjadi buku? Blog2Print kini bermitra dengan Blogger, memungkinkan para pengguna Blogger untuk membuat buku dari blog mereka. Sekali lagi, cukup dengan memasukkan URL blog.
Blogger Blog2Print
Update (30/09/2009 11:37 PM): Komentar-komentar di blog Blogger bakal lebih 'ramai' karena kini bisa menampilkan avatar penulis komentar, dari sebelumnya yang cuma ikon. Bagi para pengguna Blogger, avatar ini berupa gambar profil Blogger mereka.
Comment avatar
Template standar yang disediakan Blogger tentunya telah mendukung fitur ini, namun mereka yang menggunakan template kustom, perlu dilakukan penyesuaian sebelum fitur ini bisa bekerja dengan baik. Silakan meluncur ke blog Kang Rohman untuk menyimak apa saja yang mesti dicermati untuk bisa menampilkan avatar komentar pada template kustom.

2 comments:

  1. sumpah ... keren baget artikelnya..
    mohon izin untuk menjadikan referensi....
    salam hangat dan salam kenall dari blogger bali

    ReplyDelete
  2. Thanks... Silakan, jangan lupa untuk merujuk ke artikel-artikel aslinya (saya juga cuma mengutip dari sana).
    Salam hangat dan salam kenal balik buat Mas Radhitya dan para blogger Bali.

    ReplyDelete