Pages

Usah Pusing Urusan Web Hosting

Web Hosting: Do It Yourself!
Judul:
Web Hosting: Do It Yourself!
Penulis:
Zafriyal Afril
Penerbit:
Elex Media Komputindo, Jakarta
Tahun:
2008
Tebal:
xii + 127 halaman
ID buku:
EMK121081176
Oke, Anda memiliki dan mengelola sendiri situs web yang siap dipublikasikan untuk bisa diakses lewat Internet tapi masih bingung bagaimana melakukannya. Baca buku ini dan Anda akan dipandu bagaimana melakukan sendiri web hosting alias do it yourself.
Berbagai isu dan masalah yang berkaitan dengan web hosting dibahas di sini. Mulai tentang alamat IP (Internet Protocol) dan hubungannya dengan DNS (Domain Name System) serta bagaimana langkah-langkah mendapatkan nama domain pilihan. Dilanjutkan dengan isu-isu seputar email, mulai bagaimana mengeset dengan tepat aplikasi email, mengatasi berbagai masalah pengiriman/penerimaan email, hingga cara menangani email spam.
Isu selanjutnya adalah FTP (File Transfer Protocol) yang lazim dipakai untuk mengunggah file-file situs web ke server web hosting, termasuk berbagai masalah yang sering timbul berkaitan dengan FTP dan bagaimana cara mengatasinya. Bab 4 membicarakan tentang ketidakteraksesan situs web berikut penyebab dan cara mengatasinya. Dibahas juga petunjuk mengenai pesan-pesan kesalahan yang kerap ditemui saat situs web tak bisa diakses.
Beberapa isu yang umumnya dilakukan di awal semisal tentang memilih perusahaan web hosting, termasuk pemilihan server Linux atau Windows, justru dibahas di bab terakhir. Isu yang juga dibahas di sini adalah masalah kompatibilitas lintas browser web, favicon, dan proteksi isi web.
Dengan panduan buku ini, Anda akan mampu melakukan sendiri hosting situs web Anda tanpa dibikin pusing karenanya.

No comments:

Post a Comment