Pages

Hati-hati, Jangan Sampai Hilang Hati


Judul:
Photoshop for Abusement
Penulis:
Bonnie Soeherman
Penerbit:
Elex Media Komputindo, Jakarta
Tahun:
2008
Tebal:
xvi + 114 halaman
ID buku:
EMK121081280
Jika buku lain umumnya menampilkan sisi baik aplikasi grafis, sebaliknya buku ini mengungkap sisi gelap–nya: kebohongan dan kejahatan grafis.
Photoshop dan aplikasi sejenisnya memang diperuntukkan bagi manipulasi grafis, untuk membuat “kebohongan” grafis. Tapi, jika “kebohongan” itu ditujukan agar diyakini bahwa itu asli, inilah kebohongan sebenarnya. Lalu, jika kebohongan itu dijadikan alat untuk meraup untung dengan merugikan pihak lain, jadilah ia kejahatan.
Penyalahgunaan aplikasi grafis, misal Photoshop seperti dicontohkan di sini, yang bisa dikategorikan sebagai kebohongan dan kejahatan grafis mencakup image grabbing; photo puzzling; image abusement; pemalsuan dokumen dan otorisasi; merek, kemasan, dan produk imitasi; grafis (iklan) palsu; dan plagiarisme. Ini berlaku bagi semua aplikasi grafis, tak cuma Photoshop.
Buku ini “mengajarkan” teknik manipulasi yang biasa dipakai pixel jockey untuk melakukan kebohongan (dan kejahatan) grafis. Bukan mengajak pembaca untuk mempraktikkannya sebagai alat kejahatan, namun agar kita lebih waspada dalam menanggapi produk grafis. Karenanya, dikupas pula teknik analisis untuk menguji keaslian karya grafis dan cara untuk memperkecil peluang penyalahgunaan karya grafis kita.
Karena disalahgunakan, jadi burukkah aplikasi grafis itu? Aplikasi grafis, sebagai alat, baik atau buruknya berpulang kepada penggunaannya. Di sinilah hati (nurani), di samping hukum, berperan sangat penting. Jadi, dalam dunia grafis pun, jangan sampai kehilangan hati.

2 comments:

  1. Judulnya menggugah keingin tahuan :D
    hmm, sepertinya ini buku musuh saya karena saya masih suka mengarungi wilayah abu-abu =D
    whuuuuf,,

    ReplyDelete
  2. :D
    Hmm, gimana kalo sekali2 yang dikarungi itu wilayah ummu-ummu =D (halah, buku koq dimusuhkan...)

    ReplyDelete