Pages

Pengawankataan

Wordle
Robin Wauters menulis di TechCrunch mengenai cara lain memandang Terms of Service (atau Terms of Use) beberapa perusahaan Internet semisal Digg, Facebook, Google, MySpace, Twitter, Yahoo, dan YouTube. "Cara lain" dimaksud berupa visualisasi awan kata (word cloud) yang dibuat dengan Wordle ciptaan Jonathan Feinberg.
Wordle adalah sebuah "mainan" untuk menciptakan awan kata dari teks yang diberikan. Awan kata ini menggambarkan densitas tiap kata. Langkahnya sederhana saja. Cukup sediakan teks yang akan diawankatakan, lebih banyak lebih baik. Bisa dengan langsung mengisikan teks ke area yang tersedia; atau dengan mengisikan URL blog, feed blog, atau sembarang laman situs web yang memiliki feed Atom atau RSS; atau dengan mengisikan user name del.icio.us untuk mengawankatakan tag-tagnya.
Setelah berhasil dibuat, awan kata bisa diolah lebih lanjut untuk mendapatkan bentuk yang diingini. Mulai dari bahasa (sayangnya belum mendukung Bahasa Indonesia), font, layout, hingga warna.
Di bawah ini adalah hasil pengawankataan (word-clouding) ToU Folderbiz.
Wordle: Folderbiz Term of Use
Dua awan kata berikutnya berasal dari blog NiNH ini. Gambar pertama dari teks postingan dengan cara memasukkan URL feed Atom-nya, sedangkan gambar kedua adalah tag cloud-nya dengan cara mengisikan semua tag (atau label) postingan.
Wordle: NiNH - 20090620
Wordle: NiNH tags
Lalu, adakah manfaat pengawankataan ini? Mungkin ada, mungkin juga tidak ada. Ah, tak usahlah terlalu dipikirkan. Mengutip Wauters:
Pointless? Very. Cool? Definitely.

No comments:

Post a Comment