Pages

Wolfram|Alpha, "Mesin Cari" Komputasional

Logo Google
Dalam hal cari-mencari di jagad Internet, barangkali sulit untuk dipungkiri, saat ini Google berada di posisi puncak mesin cari (search engine). Dengannya kita bisa mencari (dan mendapatkan) hampir segalanya (tentunya, dengan kata kunci yang tepat). Inilah resminya apa yang bisa dicari lewat Google (ditambah Google hacking yang membuatnya jadi lebih "powerful").
Di sini kita fokuskan ke satu fitur: fitur Calculator menjadikan Google juga bisa dipakai sebagai "mesin hitung"—sebuah kalkulator. Nyatanya, kalkulator ini cuma bisa menangani komputasi numerik, tak berdaya ketika berhadapan dengan komputasi simbolik. Coba "tanyakan" kepada Google, misalnya, berapa hasil integrasi x2 sin3(x) dx.
Oke, Google bisa mengantarkan kita ke situs-situs yang (mungkin) memiliki jawabannya. Tapi, bagaimana kalau ada mesin cari yang bisa memberikan jawabannya secara langsung, bukan lewat situs-situs yang ditunjuknya?
Logo Wolfram|Alpha
Nah, coba "tanyakan" soal integrasi yang sama kepada Wolfram|Alpha, sebuah "mesin cari" baru yang dicetuskan oleh Stephen Wolfram—terkenal karena bukunya, A New Kind of Science, "mendobrak" tradisi sains konvensional—dan Wolfram Research. Di bawah inilah hasilnya (jawabannya masih berlanjut dari yang tampak di gambar).
Integrasi dengan Wolfram|Alpha
Wolfram|Alpha dibangun dalam paradigma NKS dengan bertumpu pada daya komputasi luar biasa Mathematica. Tentu saja kemampuannya, sebagaimana Google, tidak sekadar untuk menghitung. Wikipedia menyebutnya sebagai mesin jawab (answer engine), sedang pengembangnya menyebutnya sebagai mesin pengetahuan komputasional (computational knowledge engine). Silakan lihat (beberapa) kebisaan Wolfram|Alpha seperti yang didemonstrasikan oleh Stephen Wolfram dalam video ini, lalu bandingkan dengan fitur-fitur pencarian Google.
Wolfram|Alpha baru akan diluncurkan hari ini, Jumat (15/5), pukul 19:00 waktu setempat atau Sabtu (16/5) pukul 07:00 WIB, sambil dilakukan uji akhir kesiapan segala sesuatunya selama 76 jam berikutnya. Kalau semuanya berjalan lancar, Wolfram|Alpha akan meluncur secara resmi pada Senin (18/5). Perkembangannya bisa diikuti di blognya.
Apakah Wolfram|Alpha yang disebut-sebut sebagai "the first killer app of NKS" akan menandingi Google?

No comments:

Post a Comment