Pages

H8: Tersesat, Kok Bisa-bisanya?

Tempat: Masjid Darul Arqam, Cempaka Putih, Ciputat
Formasi: 2(4T)+3W
Waktu: 30 menit
Tausiah pasca-Tarawih: Tiga golongan orang berpuasa
***
Mengutip pendapat seorang ulama-dosen, mutawasi mengungkap tiga tipe orang berpuasa. Pertama, puasa orang awam, yaitu orang-orang yang bersahur dan berbuka, tapi kebanyakan waktu siang dan malamnya dihabiskan untuk tidur. Kedua, puasa orang kebanyakan, yaitu orang yang menahan diri hanya dari makan-minum. Ketiga, puasa yang bisa jadi sarana menuju takwa (tujuan puasa sesuai QS 2: 183), yaitu selain berpuasa dari makan-minum, juga berpuasa mata, telinga, tangan dan kaki dari keburukan.
***
Sepulang dari masjid saya iseng jalan-jalan sambil mencari-cari jalan tembusan (yang mungkin bisa saya pakai nanti sebagai rute terpendek atau cuma buat ganti rute saat 'menjelajahi' kawasan yang sama). Berbekal kiraan arah di kepala, hasilnya malah berujung di jalan buntu. Tidak terlalu mengherankan sebenarnya, karena di sebagian Ciputat ini biokompas (di kepala) saya kacau. Misal, di beberapa masjid, termasuk di M. Darul Arqam ini, saya (berasa) salat menghadap utara.
Insting yang (seperti) biasanya saya pakai saat menjelajahi satu area yang asing ternyata kali ini tidak berjalan lancar. Gagal, deh.

No comments:

Post a Comment