Pages

Sukses Berbisnis Grafis

Cover Berkarier di Dunia Grafis
Judul:
Berkarier di Dunia Grafis
Penulis:
Adi Kusrianto
Tebal:
xii + 215 halaman
Penerbit:
Elex Media Komputindo, Jakarta
Tahun terbit:
2009
ID buku:
EMK121090403
Apa yang diperlukan untuk sukses berkarier di dunia grafis? Selain keahlian dan keterampilan plus imajinasi dan kreativitas (daftarnya akan terus memanjang jika disebutkan dengan rinci), sebagaimana untuk berkarier di bidang apa pun, tentunya pengetahuan untuk merintis dan menjalani karier tersebut.
Melalui buku ini, Adi Kusrianto berbagi pengalaman pribadinya bergelut di dunia grafis. Namun, jika anda berharap buku ini mengupas segala seluk-beluk berkarier di bidang grafis, bersiaplah untuk kecewa. Nyatanya, bahasan buku ini lebih terfokus ke seputar desain grafis cetak. Beberapa bidang grafis lainnya hanya sekilas dan beberapa lainnya tidak ada sama sekali.
Dari tiga bagian buku ini, bisa dikatakan hanya Bagian 1 yang membahas tentang berkarier di dunia grafis secara umum, itu pun serbasingkat. Bagian 2 mengulas elemen-elemen grafis dan teknik penataannya. Keterampilan ini memang dibutuhkan desainer grafis, namun tidak berkaitan langsung dengan karier grafis dan, karena bahasannya yang juga serbasingkat, sebenarnya bisa dipelajari dari sumber lain yang mengupasnya lebih mendalam. Paparan mendetail barangkali hanya di Bagian 3 yang mengupas tentang bisnis atau wirausaha grafis cetak digital. Mulai modal, peralatan dan perlengkapan, hingga penentuan harga jual.
Meski tak selengkap apa yang tergambar dari judulnya, bahasan rinci Bagian 3 membuat buku ini berharga bagi mereka yang hendak terjun ke dalam bisnis grafis, terutama grafis cetak digital, dan beroleh sukses di sana.

4 comments:

  1. wah takutnya ini menang lagi, heuheu

    ReplyDelete
  2. Wah, menang koq takut? Takut ngga dapat "bagian" ya? Heuheu...

    ReplyDelete
  3. takut orang lain nggak kebagian.. :D didominasi sendiri, hehe..

    ReplyDelete
  4. ... dan ketakutan sang CeBoNg pun jadi kenyataanlah...

    Kebagian lah, paling ngga 2 orang lainnya (-:

    ReplyDelete